by

Misteri Babi Di Jazirah Arab

Tidak semua negara di Timur Tengah melarang babi. Hanya Arab Saudi, Qatar dan Kuwait saja yang terang-terangan melarang secara formal penjualan daging babi. Di Uni Emirat Arab, kalian masih bisa menjumpai supermarket dan resto yang menjual daging babi. Biasanya mereka tulis khusus “Daging babi ini khusus untuk non-Muslim”. Di Bahrain, tetangga Arab Saudi, juga begitu. Teman-teman buleku yang hobi liburan ke Bahrain sering cerita tentang ini.
Selain Mesir, para ilmuwan juga mencatat kalau babi juga ada di kawasan Levant atau Trans-Jordan (Suriah, Israel, Lebanon, Palestina, Yordania). Demikian pula di kawasan Afrika Utara & Barat (Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya), Irak dan Iran. Tetapi tidak di kawasan Jazirah Arab.
Hewan-hewan asli & tinggal di Jazirah Arab itu adalah, antara lain, kadal gurun (dhob), munyuk gurun (Hamadriyas Baboon), anjing gurun (Saluki Hound), kijang (Nubian Ibex & Sand Gazelle), srigala Arab (Arabian wolf), rubah (red fox), hyena (stripped hyena), musang (white-tailed mongoose), landak (desert hedgehog), caracal, dan Arabian leopard. Babi tidak masuk daftar hewan yang pernah tinggal di Jazirah Arab.
Lalu, bijimana ceritanya Al-Qur’an menyebut nama “khinzir” (babi) sebagai hewan yang haram dimakan dagingnya? Dari mana informasi ini? Siapa yang membisikkan kalau ada makhluk bernama si babi yang dagingnya tidak boleh dimakan? Kenapa yang diharamkan daging babi? Kenapa bukan daging leopard, asu kirik, landak, musang, munyuk, kadal dlsb yang ada di kawasan Jazirah Arab?
Patut diduga kuat, kalau informasi tentang keharaman babi itu bersumber dari orang-orang Yahudi. Dulu memang banyak suku-suku Yahudi yang tinggal di Madinah dan bergaul dengan Nabi Muhammad. Para sarjana Islam dan sejarawan juga mencatat kalau Nabi Muhammad juga banyak belajar dengan para rabbi Yahudi.
Kitab-kitab Yahudi memang panjang-lebar menjelaskan keharaman daging babi. Oleh karena itu umat Yahudi ortodoks bisa dipastikan 100 % tidak makan daging babi. Nah, kira-kira bijimana penjelasan singkat ini beb, beib, bib, bibib, babab, babah, bebeb, bebeh…?
Jabal Dhahran, Jazirah Arabia
Sumber : Status Facebook Prof. Sumanto Al Qurtuby

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed